-->

Cara mengisi Daftar Hadir Guru Online Terbaru

Cara Mengisi Absensi Guru dan Tenaga Kependidikan Online Terbaru (hadir.gtk.kemdikbud.go.id)-  Rekan2 semua kali ini admin akan membagikan informasi tentang cara pengisian Absensi Guru Online (Sim data kehadiran guru) Terbaru, Perlu diketahui Aplikasi DHGTK tersebut adalah Aplikasi yang diperuntukkan Operator sekolah untuk mengerjakan atau mengisi abnsensi atau kehadiran guru di masing2 sekolah.


Cara mengisi Daftar Hadir Guru Online (hadir.gtk.kemdikbud.go.id) Proses pencatatan data kehadiran dilakukan oleh sekolah yang terhubung dengan internet secara langsung. Proses pencatatan kehadiran untuk versi awal dapat dilakukan secara harian dan bisa juga dilakukan mingguan atau bulanan. Sistem informasi data kehadiran guru dan tenaga kependidikan merupakan aplikasi pencatatan kehadiran secara online untuk guru dan tenaga kependidikan lainnya di sekolah negeri dan sekolah swasta seluruh Indonesia sehingga kita harus login kehadiran guru online untuk dapat mengisinya.


Untuk dapat mencatatkan kekadiran guru kedalam sistem, ada dua user yang dapat digunakan sebagai akses kedalam sistem :
1. Login dengan userid kepala sekolah
2. Login dengan userid operator dapodik


Kedua userid tersebut terupdate datanya secara langsung dari data dapodik (baik Dapodikdasmen maupun Dapodikpaud.)


Perubahan userid dan password dilakukan melalui aplikasi dapodik disekolah masing-masing. Perubahan userid dan password yang dilakukan di aplikasi dapodik akan terakomodir di Sistem Data Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan setelah dilakukan syncron. Data pengguna akan terupdate di sistem DHGTK setelah 2 (dua) hari berhasil syncron.


Peran dan Tangggung Jawab Kepala Sekolah 
Kepala sekolah merupakan manajer di satuan pendidikan yang dipimpinnya, maka terkait dengan adanya Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) yang dikeluarkan oleh Dirgen GTK, maka kepala sekolah seharusnya segera untuk:
  1. Mengalokasikan pembiayaan (dana BOS) untuk pelaksanaan DHGTK karena dilaksanakan secara full online.
  2. Menunjuk atau menugaskan petugas khusus untuk melakukan pengerjaan absen online ini baik dari Operator sekolah maupun dari GTK yang ada di satuan pendidikan dengan disertai surat penugasan dari kepala sekolah.
  3. Segera melakukan sosialisasi kepada para GTK di lingkunagn satuan pendidikannya terkait dengan adanya absen online (DHGTK) yang berkaitan langsung dengan pemberi tunjangan profesi.
  4. Setiap bulan atau pertriwulan kepala sekolah mencetak SPJTM untuk mengunci kehadiran GTK.
  5. Melaksanakan pengisian DHGTK dengan sebenar-benarnya dengan menjungjung tinggi kejujuran dalam mengisi kehadiran GTK.
  6. Memantau dan mengevaluasi petugas absen online (DHGTK) setiap hari

cara isi absensi guru online
cara isi absensi guru online 

Oke Langsung saja rekan2 semua, kita mulai panduan atau Cara  Mengisi Absensi Guru dan Tenaga Kependidikan Online Dengan Benar.

  1. Kunjungi Alamat ini : http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/index.php
  2. Setelah itu geser kebawah habis itu klik Login Sekolah 
  3. Setelah itu http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id (http://223.27.144.195:2017/)
  4. Login SIM Kehadiran Guru , setelah itu isi NPSN , UserID dan Password dan masukkan kode Capsta
  5. Stelah itu klik Login
  6. Jika berhasil Login maka kalian akan di suguhkan beranda Aplikasi GHGTK seperti Beranda, Kehadiran, dan Keluar Aplikasi.
  7. Pada menu Beranda Terdapat Profil sekolah, Data Pengguna, dan Visual Siklus Pekerjaan sebelum dan sesduah terbit SKTP, sedangkan menu Kehadiran terdapat Data Sekolah, Data Guru Dan tenaga Kependidikan (GTK) dan Tampilan informasi Kehadiran
  8. Setelah berhasil Login Ke Aplikasi DHGTK maka langkah selanjutnya kita klik Menu Kehadiran,  setelah itu buat kalender dengan klik Tambah Baru , setelah itu pilih jenis libur, dan isi mulai tanggal , sampai tanggal dan keterangan juga jagan lupa di isi ya.
  9. Kalau sudah selesai mengisi tinggal klik tombol simpan dan tombol OK.
  10. Pada pembuatan kalender ada perintah Tambah Baru, Hapus Semua, dan Tampilkan Template. Fungsi dari masing-masing tab tersebut adalah: Tambah baru : untuk membuat kalender yang baru. Hapus semua : untuk menghapus seluruh kalender sekolah yang telah dibuat.
  11. Pada informasi Kehadiran terdapat menu semester dan bulan, kita pilih dulu semesternya dan bulannya, 
  12. Setelah menentukan Semester dan Bulan selanjutkan kita membuat daftar hadir, Klik Daftar Hadir yang menunya berwarna Merah. Setealh itu klik smpan dan refres.
  13. Kalau sudah terbentuk form Kehadiran maka tinggal mengisi sesuai kondisi nyata di lapangan dengan cara : Jika dinyatakana hadir maka lakukan “Chelklist” pada form absen, Jika dinyatakan tidak hadir maka lakukan “Uncheklist” pada form absen, Dampak “uncheklist” warna yang tampil akan berbeda sesuai dengan ketarangan absen GTK yang bersangkutan,
  14. Jika ingin mengetahui rekap absen setiap GTK dan datanya maka caranya adalah dengan mengklik nama GTK pada Form Absen.
  15. Jika ada Guru yang tidak masuk maka kita harus melampirkan surat izin dan mengisi surat izin tersebut, Untuk mengisi Surat izin/Dinas luar/sakit adalah dengan cara sebagai berikut: Pilih nama GTK di Form Absen/ Kehadiran, Kemudian pilih menu (input Surat izin), Maka akan tampil form isian input surat izin,  Isilah tabel surat izin sesuai permintaan form,  Setelah terisi maka pilih “SIMPAN” dan klik “OK”
  16. Yang terakhir adalah mencetak SPTJM , Mengunci Kehadiran bisa dilakukan perbulan atau pertriwulan, Sub menu Cetak SPTJM muncul ketika memilih Menu “Kehadiran” 
  17. Setelah muncul surat pernyataan maka kepala sekolah wajib menentukan pilihan untuk mengunci daftar hadir pada bulan yang telah dilaksanakan/dilalui.
  18. Beri tanda centang (√) pada Kotak dialog saya setuju  dan pada kunci daftar hadir. Jika itu dilakukan maka secara otomatis absen pada bulan tersebut sudah terkunci tidak bisa di isi kembali (diperbaiki). Kecuali menghubungi admin DHGTK Pusat.
  19. Jika sudah mengunci Daftar Hadir maka jangan lupa Simpan dan kemudian refresh. Setelah tersimpan maka silahkan Cetak SPTJM denga cara mengklik CETAK PDF
  20. Selesai 

Itulah Panduan singkat Cara Mengisi Absensi Guru dan Tenaga Kependidikan Online Dengan Benar, smoga bermanfaat buat rekan2 semua. amin , jangan lupa bagikan ok.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel