-->

Petunjuk Pelaksanaan FLS SMP Tahun 2019

Petunjuk Pelaksanaan ( Juklak ) Festival Literasi Sekolah ( FLS) Jenjang SMP Tahun 2019 - Dalam Rencana Strategis ( Renstra ) Kementerian Pendidikan dan Keduayaan Tahun 2015 - 2019 , Visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan adalah " Terbentuknya insan serta ekosistem Pendidikan dan Kebudayaan yang berkarakter dengan berlandaskan gotong royong".


Petunjuk Pelaksanaan ( Juklak ) Festival Literasi Sekolah ( FLS) Jenjang SMP Tahun 2019
Petunjuk Pelaksanaan ( Juklak ) Festival Literasi Sekolah ( FLS) Jenjang SMP Tahun 2019

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Permendikbud ) Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti salah satu poin menyatakan perlunya sekolah menyisihkan waktu 15 menit secara berkala dengan pembiasaan membaca sebelum jam pelajaran dimulai . Pembiasaan ini dilakukan sebagai salah satu upaya Menumbuhkan budi pekerti peserta didik melalui gerakan literasi Sekolah ( GLS) . Gerakan Literasi Sekolah ( GLS) adalah sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh dan berkelanjutan untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literast sepanjang hayat melalui pelibatan publik.

Unduh Juga :
Dalam Konteks Gerakan Literasi Sekolah ( GLS ) , Literasi Dimaknai tidak hanya sekedar pengetahuan dan kecakapan (1) baca tulis , namun juga mencakup (2) Numerasi , (3) Sains , (4) Digital , (5) Finasial , (6) Budaya dan Kewargaan yang bermuara pada perilaku yang diterima dalam kehidupan sehari hari.

Gerakan Literasi Sekolah ( GLS ) dapat dilakukan pada Proses Pembelajaran , Ekstrakurikuler juga melalui medium lomba - lomba ataupun festival . Festival Literasi Sekolah ( FLS) Jenjang SMP tahun 2019 ini sebagai upaya memberikan ruang untuk mengembangkan kreativitas  dan potensi siswa SMP dibidang Bahasa , Seni , Sastra dan Budaya melalui aktivitas Literasi . 

Tujuan

  1. Meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang bahasa , seni , budaya dan sastra yang berasaskan pendidikan karakter meliputi religius , integritas , nasionalisme , mandiri dan gotong royong;
  2. Menggali dan menumbuhkan kemampuan literasi peserta lomba terutama dibidang lomba FLS;
  3. Memotivasi sekolah agar berperan aktif memfasilitasi siswa guna meningkatkan prestasi belajar pada bidang bahasa , seni , budaya dan sastra
  4. Membina dan memacu kreativitas peserta sebagai sarana promosi bakat dan minat peserta didik;
  5. Mengembangkan sikap kompetitif , kerjasama dan sportivitas dalam diri siswa yang berwawasan global dan menjalin persahabatan dalam proses melestarikan budaya dan sastra Indonesia.

Cabang Yang dilombakan dalan Festival Literasi Sekolah ( FLS ) Jenjang SMP Tahun 2019 terdiri atas 5 ( Lima ) Jenis cabang sebagai berikut :
1. Lomba Cipta Cerpen
2. Cerita Berbahasa Inggris ( Story Telling )
3. Lomba Berpantun;
4. Lomba Menulis Esai;
5. Lomba Cipta Puisi

Peserta Festival Literasi Sekolah ( FLS ) Jenjang SMP Tahun 2019 Adalah siswa SMP/MTs Negeri dan Swasta atau yang sederajat kelas VII atau VIII Tahun Ajaran 218 / 2019 yang masih berstatus sebagai siswa SMP saat Mengikuti lomba.



Untuk Mengetahui Selengkapnya Ketentuan, Silahkan Unduh PDF Petunjuk Pelaksanaan ( Juklak ) Festival Literasi Sekolah ( FLS ) Jenjang SMP Tahun 2019, Pada Link dibawah ini :

Unduh Petunjuk Pelaksanaan FLS - SMP Tahun 2019.Pdf ( Unduh Disini )

Demikian Kami Sampaikan Petunjuk Pelaksanaan ( Juklak ) Festival Literasi Sekolah ( FLS ) Jenjang SMP Tahun 2019, Semoga Bermanfaat .

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel