Unduh PDF Pedoman Seminar Nasional Guru DIKDAS ( SD dan SMP ) 2019

Seminar Nasional Guru Dikdas 2019 yang diadakan Kesharlindung Dikdas telah dibuka pendaftarannya melalui website resmi Kesharlindung Dikdas: http://kesharlindung.pgdikdas.kemdikbud.go.id



Pedoman Seminar Nasional Guru DIKDAS ( SD dan SMP ) 2019
Pedoman Seminar Nasional Guru DIKDAS ( SD dan SMP ) 2019



Yang harus betul betul diperhatikan dalam mendaftar di Kegiatan ini adalah sebagai berikut:
  1. Pada saat mendaftar, sebaiknya pilih tema yang paling tepat karna tema yang dipilih pada saat mendaftar tidak dapat diubah kembali.
  2. Pada artikel tulislah jenis artikel anda pada awal penulisan judul pada tulisan. Contoh:
  • (Bestpractice) Penguatan Pendidikan Karakter pada siswa SD 1 Kebon Rambutan atau 
  • (Hasil Kajian) Penguatan Pendidikan Karakter pada siswa SD 1 Kebon Rambutan atau
  • (Hasil penelitian) Penguatan Pendidikan Karakter pada siswa SD 1 Kebon Rambutan 

berikut ini adalah tema dan sub tema yang kami kutip dari pedoman.

A. Peserta
Peserta Seminar Nasional Tahun 2019 ialah:
  1. Guru pendidikan dasar di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) yang memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang lolos seleksi artikel dan administrasi secara online;
  2. Guru yang memiliki ijin mengikuti seminar dari kepala sekolah.
B. Tema, Subtema, dan Deskripsi
Tema Seminar Nasional Tahun 2019 adalah “Meningkatkan Kompetensi dan Profesionalisme Guru Pendidikan Dasar pada Era Revolusi Industri 4.0” dengan subtema sebagai berikut.
  1. Pengembangan Karier Guru
  2. Pengembangan Kompetensi Guru
  3. Penguatan Pendidikan Karakter
  4. Peningkatan Mutu Pembelajaran
  5. Pengembangan Literasi Dasar
  6. Pengembangan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal
  7. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi
  8. Asesmen Berbasis Teknologi Informasi
  9. Gagasan Inovatif Perlindungan Guru
  10. Pembelajaran yang Menstimulasi Higher-Order Thinking Skills (HOTS)
  11. Pendekatan Science-Technology-Engineering-Art-Math (STEAM)

Deskripsi Subtema:
  1. Pengembangan Karier Guru Kajian, pengalaman, atau penelitian mengenai percepatan peningkatan karier guru atau pengalaman terbaik (best practice) dan pelajaran yang dapat dipetik (lesson learnt) dalam meningkatkan karier.
  2. Pengembangan Kompetensi Guru - Kajian, pengalaman, atau penelitian mengenai upaya guru untuk meningkatkan dan mengembangkan kompetensi guru dalam memecahkan masalah-masalah pendidikan dan pembelajaran.
  3. Penguatan Pendidikan Karakter - Kajian, pengalaman, atau penelitian mengenai implementasi nilai-nilai utama pendidikan karakter (religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas)  berbasis kelas, budaya sekolah, dan masyarakat.
  4. Peningkatan Mutu Pembelajaran - Kajian, pengalaman, atau penelitian mengenai pendekatan/ model/ strategi/ metode/ teknik pembelajaran, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran.
  5. Pengembangan Literasi Dasar - Kajian, pengalaman, atau penelitian mengenai pengembangan literasi dasar (baca tulis, berhitung, sains, teknologi informasi dan komunikasi, keuangan, budaya dan kewarganegaraan).
  6. Pengembangan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal - Kajian, pengalaman, atau penelitian mengenai cara guru merancang dan mengembangkan pembelajaran melalui pendekatan budaya, permainan, tradisi yang khas di lingkungan sekitar.
  7. Pembelajaran Berbantuan Teknologi Informasi Kajian, pengalaman, atau penelitian tentang pemanfaatan sumber belajar yang dihasilkan dari perangkat keras (hardware) maupun lunak (software), misalnya: pembuatan bahan ajar dan presentasi menggunakan powerpoint, animasi pembelajaran, dan  produk media daring/luring lainnya.
  8. Asesmen Berbasis Teknologi Informasi Kajian, pengalaman, atau penelitian tentang pemanfaatan teknologi informasi dalam mengembangkan asesmen autentik. Misalnya: penerapan CBT (computer based test) dan tes interaktif.
  9. Gagasan Inovatif Perlindungan Guru - Kajian, pengalaman, studi kasus, atau penelitian mengenai perlindungan guru meliputi gagasan inovatif dalam perlindungan hukum, perlindungan profesi, Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI), keselamatan, dan kesehatan kerja.
  10. Pembelajaran yang Menstimulasi Higher-Order Thinking Skills  (HOTS)  - Kajian, pengalaman, atau penelitian mengenai upaya guru dalam mengembangkan pembelajaran dan penilaian yang menstimulasi HOTS.
  11. Pendekatan Science-Technology-Engineering-Art - Math  (STEAM)  - Kajian, pengalaman, atau penelitian mengenai pendekatan pembelajaran STEAM.
Baca Juga : Unduh Contoh Naskah Prossiding Seminar Nasional Guru Dikdas 2018

C. Persyaratan Artikel
  1. Artikel sesuai dengan subtema butir A;
  2. Hasil karya sendiri (asli) disertai pernyataan keaslian naskah bermeterai (contoh format terlampir);
  3. Belum pernah diseminarkan dan dipublikasikan, serta tidak sedang dalam proses reviu oleh editor jurnal atau media publikasi lainnya;
  4. Memiliki similarity maksimal 30%;
  5. Jumlah halaman artikel maksimal 12, termasuk abstrak dan daftar referensi.

D.   Ketentuan Artikel
  1. Penulisan artikel menggunakan bahasa Indonesia secara benar dan baik (sesuai PUEBI). Panjang naskah maksimal 12 halaman, menggunakan program Windows Microsoft Word tahun 2003 ke atas, kertas ukuran A4, diketik 1,5 spasi, tipe huruf Times New Romanfont size 12, margin atas dan kiri 3 cm, bawah dan kanan 3 cm.
  2. Artikel disimpan dengan nama file: nama penulis_nomor subtema_kota/kabupaten tempat tinggal. Contoh: seorang penulis bernama Asep Saeful berdomisili di Kabupaten Garut memilih subtema mengenai Penguatan Pendidikan karakter. Maka nama filenya adalah: asep saeful_3_garut


    Untuk Selengkapnya Silahkan Unduh PDF Pedoman Seminar Nasional Guru DIKDAS ( SD dan SMP ) 2019, Pada Link dibawah ini :

     


    Unduh PDF Pedoman Seminar Nasional Guru DIKDAS 2019 ( Unduh Disini )


    Demikian Kami Sampaikan Pedoman Seminar Nasional Guru DIKDAS ( SD dan SMP ) 2019, Semoga Bermanfaat.

    Sumber : https://gurindo.id/2019/05/07/seminar-nasional-guru-dikdas-2019-telah-dibuka/

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel