-->

Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran (ONIP) Matematika Tahun 2019

Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran (ONIP) Matematika adalah kegiatan unggulan PPPPTK Matematika yang sudah berlangsung enam tahun. Dalam enam tahun perjalanannya, produk hasil inovasi yang dihasilkan oleh peserta ONIP umumnya meliputi alat peraga dan model pembelajaran baik melalui TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) maupun non-TIK.



Siswa generasi saat ini (generasi alpha dan generasi y) memiliki gaya belajar yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Hal ini menuntut guru harus berinovasi dalam menyelenggarakan kegiatan pembelajaran. Untungnya, saat ini tersedia teknologi yang memudahkan guru membuat inovasi pembelajaran.

Mempertimbangkan hal di atas, ONIP 2019 akan  fokus di kategori berikut ini.
  1. -Learning (termasuk Mobile Learning)
  2. Pembelajaran STEM
  3. Pemanfaatan komputasi awan (Cloud Computing) untuk pembelajaran
  4. Augmented Reality dan Virtual Reality
  5. Teknologi pemodelan 3-Dimensi.
  6. Game berbasis TIK
  7. Kecerdasan buatan
  8. Pembelajaran berbasis TIK lainnya.
Penerimaan produk inovasi dan pendaftaran akan dimulai pada bulan April s.d 1 September 2019. Tiga puluh (30) peserta terpilih akan diundang untuk presentasi dan simulasi produk inovasi di PPPPTK Matematika pada bulan Oktober 2019.

Ketentuan Produk Inovasi

Produk inovasi yang bisa diikutsertakan dalam ONIP Tahun 2019 adalah produk inovasi pembelajaran hasil karya guru  dalam kategori di atas dengan ketentuan:
  1. Hasil karya asli, milik sendiri (individu maupun tim), bukan plagiasi.
  2. Belum pernah memenangkan lomba/kompetisi sejenis di tingkat nasional atau internasional.
  3. Dibuat dalam kurun waktu 2 tahun terakhir.
  4. Setiap peserta boleh mengirimkan lebih dari 1 karya, namun hanya 1 karya yang akan dipresentasikan di dalam proses seleksi selanjutnya. Jika ada lebih dari 1 karya yang dinyatakan lolos seleksi awal, maka peserta harus memilih 1 karya saja yang dipresentasikan dalam tahap prersentasi produk (babak final).
  5. Merupakan karya inovatif, yaitu hasil pengembangan dari yang belum ada atau modifikasi. Jika berupa karya modifikasi, wajib menuliskan pada laporan terkait bentuk modifikasi dan urgensi modifikasi, serta dari mana asal produk asli sebagai dasar pengembangan.
  6. Karya inovasi yang dibuat harus mendukung pembelajaran materi  matematika yang diajarkan di sekolah, namun untuk kepentingan simulasi tidak harus menyesuaikan dengan semester pelaksanaan.
  7. Khusus untuk produk inovasi yang merupakan hasil karya tim (bukan individu), maka hanya dibatasi 1 orang yang mewakili tim untuk presentasi di babak final.

Kelengkapan produk dan tata cara pendaftaran

Pendaftaran produk inovasi  dilakukan dengan mengisi Form Online Pendaftaran ONIP 2019 serta mengirimkan kelengkapan produk. Kelengkapan produk inovasi terdiri dari:
  1. Gambaran Singkat Produk
  2. Laporan Pengembangan Produk
  3. File hasil scan surat pernyataan keaslian karya inovasi serta pernyataan belum pernah menang dalam suatu kompetisi (format terlampir)
  4. File hasil scan pengesahan dan ijin Kepala Sekolah 
  5. Video simulasi penerapan pembelajaran pada siswa menggunakan produk dan simulasi penggunaan produk inovasi yang didaftarkan
  6. RPP dengan menggunakan produk inovasi tersebut
Produk inovasi dan kelengkapannya dikirimkan kepada panitia seleksi dengan cara diunggah di cloud milik peserta, dan peserta membagikannya tautan/link-nya kepada panitia seleksi melalui informasi di file “Gambaran Singkat Produk”.
Gambaran singkat produk paling tidak berisi: 1) deskripsi singkat produk dan kategori produk2) alamat url/cloud tempat produk bisa diakses/diunduh. Jika produk berupa e-learning, maka harus diinformasikan cara login (username dan password) terhadap peran-peran di e-learning tersebut (misalnya login sebagai guru dan login sebagai siswa). Agar penilai bisa mencoba menggunakan e-learning tersebut. Jika produk berupa aplikasi, maka disertakan alamat di mana aplikasi bisa diunduh.
Laporan pengembangan produk ditulis dengan mengikuti kaidah penulisan ilmiah yang lazim. Laporan pengembangan produk paling tidak harus berisi: 1) latar belakang keilmuan (matematika dan pendidikan matematika) yang mendasari pengembangan produk, 2) Informasi prosedur ilmiah pengembangan produk. Misalnya jika dikembangkan dengan penelitian pengembangan (R&D) maka bisa menggunakan ADDIE, 4D, R2D2, Model Kemp dan sejenisnya.
Produk beserta 6 kelengkapan di atas harus ditempatkan di cloud dan diinformasikan di Gambaran Singkat Produk agar mudah diunduh/diakses. Kelengkapan di atas juga harus diunggah di form pendaftaran online.

Tahapan seleksi dan tanggal penting

  1. Pendaftaran dan pengiriman produk              : Mei  s.d. 31 Agustus 2019
  2. Seleksi administrasi dan penilaian produk      : September 2019
  3. Pengumuman hasil penilaian produk              : 30 September 2019
  4. Penilaian presentasi produk (Babak Final)      : 21 s.d 25 Oktober 2019



Panitia penyelenggara:
email: onip@p4tkmatematika.org
narahubung: Tika (085927484086)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel