-->

Panduan / Petunjuk Teknis KOSN SD dan SMP Tahun 2021

Panduan / Petunjuk Teknis KOSN SD dan SMP Tahun 2021 - Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) sebagai bagian dalam pengembangan minat dan bakat bidang olahraga peserta didik. Pelaksanaan kegiatan ini diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (PUSPRESNAS). Pelaksanaan kegiatan ini diselenggarakan  untuk mengetahui potensi-potensi talenta yang dipunyai bangsa ini bisa menjadi aktual, sinergis, dan berkontribusi terhadap percepatan pembangunan secara komprehensif.



KOSN atau Kompetisi Olahraga Siswa Nasional jenjang SD merupakan bagian aktivitas pengembangan bidang olahraga bagi peserta didik, sehingga Puspresnas akan terus mengembangkan KOSN menjadi lebih dinamis dan terus menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Untuk lebih jelasnya berikut ini akan kami berikan sedikit ulasan mengenai penyelenggaraan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) jenjang SD.


Tujuan Teknis KOSN SD dan SMP

KOSN Pendidikan Dasar tahun 2021 bertujuan sebagai berikut:

  1. memberikan apresiasi kepada peserta didik untuk berkreasi dengan menampilkan potensi yang dimilikinya;
  2. menumbuhkembangkan bakat dan minat peserta didik yang berbasis penguatan karakter seperti sikap kemandirian, sportivitas dan kompetitif serta meningkatkan kemampuan peserta didik dalam bersosialisasi;
  3. menanamkan nilai-nilai luhur olahraga yaitu nilai-nilai fair play ;
  4. menumbuhkembangkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air;
  5. menjalin persahabatan dan solidaritas antar peserta didik di seluruh Indonesia.


Sasaran KOSN SD dan SMP

Sasaran KOSN Pendidikan Dasar tahun 2021 adalah peserta didik jenjang pendidikan dasar yaitu peserta didik Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) dan Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) di seluruh Indonesia serta Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN).


Ruang Lingkup KOSN

Ruang Lingkup KOSN Pendidikan Dasar tahun 2021 meliputi:

  1. Panduan Teknis KOSN Pendidikan Dasar sebagai pedoman pelaksanaan KOSN Pendidikan Dasar tahun 2021 dilaksanakan dengan rasa penuh tanggung jawab sesuai protokol kesehatan Covid-19.
  2. Panitia pelaksanaan KOSN Pendidikan Dasar tahun 2021 adalah Pusat Prestasi Nasional bekerjasama dengan PB IPSI dan PB FORKI serta Pengurus Provinsi dan Kabupaten/Kota, Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota, dan Satuan Tugas Penanganan Covid-19.
  3. Jangkauan wilayah pelaksanaan KOSN Pendidikan Dasar tahun 2021 adalah seluruh peserta didik dalam lingkup 34 provinsi di Indonesia.
  4. Pelaksanaan KOSN Pendidikan Dasar tahun 2021 adalah kompetisi oleh peserta/atlet yang dilaksanakan dari rumah dengan mekanisme dalam jaringan (daring/online ) dan luar jaringan (luring/offline ).
  5. Pengawasan pertandingan oleh panitia pusat, orang tua, pelatih/pendamping, dan bantuan teknologi.
  6. Pelaksanaan KOSN Pendidikan Dasar tahun 2021 dilaksanakan mulai dari Kecamatan, Kabupaten / Kota, Provinsi dan Nasional.
  7. Penjurian dilakukan oleh tim wasit dan juri yang ditetapkan oleh penyelenggara di setiap tingkatan seleksi.
  8. Hasil penilaian dari wasit dan juri selanjutnya ditetapkan dan diumumkan oleh penyelenggara di setiap tingkatan seleksi.


Pengertian dan Batasan Umum KOSN

KOSN adalah suatu kegiatan yang bersifat kompetisi di bidang olahraga antar peserta didik Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah dalam lingkup wilayah atau tingkat pertandingan tertentu.

Pelaksanaan KOSN Pendidikan Dasar tahun 2021 dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Nasional.

Pertandingan secara daring/online ialah pertandingan yang menggunakan sarana jaringan internet sebagai media transfer data dan informasi.

Pertandingan secara luring/offline ialah pertandingan yang menggunakan sarana aplikasi teknologi informasi yang pengiriman dan penerimaan data/informasinya tidak menggunakan jaringan internet (online) melainkan melalui media penyimpanan seperti CD, flash-disk, memory card, dll.

Daring singkatan dari dalam jaringan (internet), sedangkan luring singkatan dari luar jaringan (tidak menggunakan internet).

Protokol kesehatan Covid-19 adalah prosedur diatur oleh Kementerian Kesehatan dalam rangka menyikapi pandemi Covid-19 agar terhindar dari penularan virus Covid-19.


Tema dan Tagar KOSN 

Tema KOSN Pendidikan Dasar tahun 2021 adalah :

“Melejitkan Talenta Prestasi Olahraga Peserta Didik Untuk Indonesia Pulih “

Tagar Kegiatan KOSN Pendidikan Dasar Tahun 2021 adalah: #sportifdarirumah

Untuk selengkapnya silahkan unduh Panduan/ Petunjuk Teknis KOSN SD dan SMP Tahun 2021  Pada Link yang sudah Kami siapkan dibawah ini : .



Demikianlah kami sampaikan Panduan/ Petunjuk Teknis KOSN SD dan SMP Tahun 2021 , Semoga Bermanfaat .

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel