-->

INI JUKNIS/JUKLAK JENJANG SMP LOMBA OSN, O2SN, FLS2N, GSI, FLS TINGKAT NASIONAL 2019

Bapak/ Ibu guru , orang tua, Wali Murid dan Siswa seluruh indonesia yang berbahagia, pada kesempatan baik ini datadikdasmen.com akan menyampaikan tentang Lomba Bakat Prestasi untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) Nasional tahun 2019, seperti pada tahun yang lalu kegiatan ini secara Nasional telah dilaksanakan (OSN, O2SN, OPSI, OLSN & Gala Siswa SMP).

INI JUKNIS/JUKLAK JENJANG SMP LOMBA OSN, O2SN, FLS2N, GSI, FLS TINGKAT NASIONAL 2019

Dalam upaya peningkatan mutu sumber daya manusia Indonesia agar mampu bersaing pada percaturan regional dan internasional, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan berbagai peraturan turunannya, merupakan indikasi yang sangat nyata upaya Pemerintah Indonesia dalam peningkatan mutu sumber daya manusia agar mampu bersaing dalam era keterbukaan dan globalisasi. Peningkatan mutu itu diupayakan diantaranya melalui lomba-lomba yang dihelat oleh Direktorat Pembinaan SMP, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Lomba-lomba ini diharapkan dapat mewadahi aneka bakat dan minat peserta didik sehingga mampu mengangkat potensi yang dimiliki oleh para siswa.

Ada pun ragam lomba-lomba SMP Tingkat Nasional sebagai berikut:

1. Olimpiade Sains Nasional (OSN)

Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP mengembangkan wahana kompetisi bagi siswa SMP, MTs atau bentuk lain yang sederajat di seluruh Indonesia dalam bidang Matematika, IPA, dan IPS. Diharapkan melalui olimpiade ini dapat meningkatkan atmosfer kompetisi secara sehat dan jujur antarsekolah, sehingga sekolah berlomba-lomba mengembangkan program peningkatan mutu pembelajaran dalam bidang Matematika, IPA, dan IPS.

2. Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N)

Dalam upaya pemberian ruang bagi kreativitas dan potensi siswa SMP di bidang seni, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memandang perlu untuk menyelenggarakan aktivitas kesenian untuk mewadahi ekspresi dan kreativitas siswa. Melalui arena berkesenian itu diharapkan dapat dibangkitkan potensi dan talenta siswa sebagai warga masyarakat yang memperlihatkan prestasi karya, sekaligus kebanggaan bagi dunia pendidikan khususnya dan bagi bangsa Indonesia pada umumnya. Untuk itulah tahun 2018 ini Direktorat Pembinaan SMP akan melanjutkan penyelenggaraan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMP.

3. Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN)

Kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) merupakan kelanjutan dari kegiatan pertandingan/perlombaan yang sudah dikenal dan merupakan salah satu kegiatan yang sering dilaksanakan oleh sekolah. Kegiatan ini merupakan suatu wahana bagi siswa untuk mengimplementasikan hasil kegiatan pembelajaran dalam rangka meningkatkan kesehatan jasmani, dan daya kreativitas.


4. Gala Siswa Indonesia Tingkat SMP

Tekad Indonesia ke pentas dunia bisa jadi langkahnya dipupuk melalui Liga Sepak Bola Siswa Indonesia Tingkat SMP (Gala Siswa Indonesia Tingkat SMP). Seperti diketahui PSSI telah memancang target untuk mencapai semifinal Piala Dunia sebelum tahun 2045. Generasi emas sepak bola Indonesia tentu harus melalui pengelolaan dan pembinaan semenjak usia dini. Dan Gala Siswa SMP merupakan buah kerja sama dari Direktorat Pembinaan SMP, Dirjen Dikdasmen Kemdikbud dengan PSSI dan KONI. Gala Siswa Indonesia Tingkat SMP mempertandingkan cabang olahraga sepak bola. 

5. Festival Literasi Sekolah ( FLS)

Kegiatan FLS SMP ini diselenggarakan sebagai salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas diri siswa dalam bidang seni dan sastra, sekaligus dapat berupaya menginternalisasikan nilai-nilai penumbuhan budi pekerti, memacu kreativitas seni untuk memperkuat pendidikan karakter melalui budaya dan sastra seperti kompetitif, jujur, sportif, dan lain-lain. Di saat yang sama, kegiatan FLS mampu membangkitkan semangat siswa untuk menyosialisasikan seni dan sastra masing-masing daerah, sehingga antara siswa memiliki sikap menyu­kai, menghargai, dan mengapresiasi budaya lainnya.

Terkait dengan posting kali ini, berikut datadikdasmen.com sampaikan Petunjuk Pelaksanaan Lomba Siswa Jenjang  SMP Tingkat Nasional tahun 2018.

1. Juklak Lomba OSN SMP tahun 2019 ( Unduh Disini
2. Juklak Lomba FLS2N SMP tahun 2019 ( Unduh Disini
3. Juklak Lomba O2SN SMP tahun 2019 ( Unduh Disini ) 
4. Juklak Lomba GSI SMP tahun 2019 ( Unduh Disini )
5. Juklak Lomba FLS SMP tahun 2019 ( Unduh Disini ) 

Demikian Share dari kami , perbaikan Link akan dilakukan secara bertahap (Harap Maklum) .

Wassalamualaikum Wr Wb

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel