-->

Unduh Petunjuk Teknis ( Juknis ) Penulisan Ijazah 2018 SD SMP SMA SMK Versi PDF

Unduh Petunjuk Teknis ( Juknis ) Penulisan Ijazah 2018 SD SMP SMA SMK Versi PDF - Berdasarkan peraturan KEPALA BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN KEMDIKBUD REPUBLIK INDONESIA NOMOR : 016/H/EP/2018 tentang petunjuk teknis pengisian blangko ijazah bagi satuan pendidikan dasar dan menengah. 

Ijazah merupakan suatu dokumen sebagai pengakuan atas prestasi kegiatan pembelajaran atau penyelesaian suatu jenjang pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. 



Blangko Ijazah yang diterbitkan adalah format resmi dari Pemerintah dan/atau pemerintah daerah yang dapat digunakan sebagaiman mestinya, misalnya dengan Ijazah tersebut seseorang dapat melanjutkan tingkat pendidikan selanjutnya. Atau misalnya dapat juga dipergunakan untuk melamar suatu pekerjaan. Karena sangat pentingnya dokumen Ijazah sehingga dalam penulisannya juga perlu memperhatikan petunjuk teknis yang berlaku pada saat tahun penerbitan ijazah. 

Setelah pengumuman kelulusan tahun pelajaran 2017/2018 di keluarkan tahapan selanjutnya sekolah menerbitkan ijazah yang nantinya untuk dibagikan kepada siswa. Satuan pendidikan SD SMP SMA dan SMK untuk pengisian blangko harus berpedoman pada juknis yang sudah di atur oleh KEMDIKBUD. 

Berikut ini beberapa poin penting yang terdapat pada juknis penulisan Ijazah 2018. 
1. Ijazah untuk tingkat SD, SMP, SMPLB, SMA, SMALB, SMK, SPK, SDLB, Paket A, Paket B, dan Paket C dikeluarkan oleh sekolah yang bersangkutan. 

2. Blangko Ijazah terdapat tiga yaitu; Ijazah yang di terbitkan untuk satuan pendidikan menerapkan Kurikulum 2006, Ijazah bagi sekolah yang menerapkan kurikulum 2013, dan Ijazah untuk SPK. Dari ketiga jenis Ijazah tersebut perbedaannya terletak pada daftar nilai di bagian halaman belakang dan di halaman muka terdapat kode blangko. Contoh kode blangko : DN-01 Ma/06 0000001 DN-01 Ma/13 0000001 untuk Kurikulum 2013 untuk Kurikulum 2006 DN-01 Ma/SPK 0000001 untuk SPK. 

3. Blangko Ijazah terdiri dari 2 muka yang dicetak secara bolak-balik, dimana identitas peserta didik dan redaksi berada di halaman muka, nilai ujian ada di halaman belakang. 

4. Ijazah SD, SDLB, SMP, SMA, SMALB, SMPLB dan SMK dalam pengisiannya diisi panitia penulisan blangko Ijazah yang ditunjuk oleh kepala satuan pendidikan. 

5. Ijazah Paket A, B, dan C diisi oleh panitia penulisan Ijazah yang di tunjuk Kepala SKB/Ketua PKBM. 

6. Dalam pengisian Ijazah di sarankan dengan menggunakan tulisan tangan dan tulisannya harus benar, rapi, bersih, jelas serta mudah dibaca. Penulisannya menggunakan tinta warna hitam yang tidak mudah dihapus dan tidak luntur. Pengisian Ijazah dapat menggunakan sistem komputerisasi/cetak apabila dalam kondisi.

7. Apabila terdapat kesalahan dalam pengisian, Ijazah tidak boleh dicoret dengan tinta atau yang lainnya, ditimpa, atau dihapus misalanya dengan tipe-ex, tetapi harus diganti dengan blangko yang baru.

Untuk itu dalam penulisan perlu kehati-hatian Juknis penulisan Ijazah 2018 SD SMP SMA SMK silahkan Unduh pada tautan dibawah ini.

Unduh Juknis Penulisan Ijazah SD 2018 ( Unduh Disini )
Unduh Juknis Penulisan Ijazah SMP 2018  ( Unduh Disini )
Unduh Juknis Penulisan Ijazah SMA 2018 ( Unduh Disini )
Unduh Juknis Penulisan Ijazah SMK 2018 ( Unduh Disini )

Demikian juknis penulisan Ijazah 2018 SD SMP SMA SMK. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel