-->

RPP KELAS 5 TEMA 4 KURIKULUM 2013 REVISI 3 KOMPONEN

  RPP 3 Komponen Revisi 2020 Kelas 5 Tema 4 - Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menjadi salah satu inisiatif Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim dalam mengeluarkan kebijakan pendidikan “Merdeka Belajar”. Menurut Mendikbud, inisiatif penyederhanaan RPP ini didedikasikan untuk para guru agar meringankan beban administrasi guru. RPP yang sebelumnya terdiri dari belasan komponen, kini disederhanakan menjadi tiga komponen inti 



Ada pun pertimbangan penyederhanaan RPP yakni guru-guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu yang seharusnya bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.

Sedangkan jumlah komponen dalam RPP terdiri dari 3 komponen inti, yaitu :

  1. tujuan pembelajaran
  2. langkah-langkah pembelajaran (kegiatan), dan 
  3. penilaian pembelajaran (asesmen). 

Komponen-komponen lainnya adalah pelengkap. Tujuan pembelajaran ditulis dengan merujuk kepada kurikulum dan kebutuhan belajar murid. Kegiatan belajar dan asesmen dalam RPP ditulis secara efisien.

Lalu adakah standar baku untuk format penulisan RPP? Tidak ada; guru bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid.

Dalam pembuatan RPP, prinsip efisien, efektif dan berorientasi pada murid dikedepankan. Efisien berarti penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Efektif berarti penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Berorientasi pada murid berarti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di kelas.

Untuk format RPP, guru dapat tetap menggunakan format RPP yang telah dibuatnya ataupun dapat pula memodifikasi format RPP yang sudah dibuat sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi kepada murid.

berikut kami Bagikan Contoh RPP Revisi bisa di sesuaikan dengan kekhasan daerah masing masing 

A. RPP Kelas 5 Revisi 3 Komponen TEMA 4

B. RPP Kelas 5 13 Komponen TEMA 4

Demikian Kami Sampaikan RPP Kurikulum 2013 Jenjang SD / MI Kelas 5 Tema 4, Semoga Bermanfaat .

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel