-->

Petunjuk Pelaksanaan FL2N SD/MI Tahun 2019

Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Festival dan Lomba Literasi Nasional ( FL2N )  Tingkat Sekolah Dasar Tahun 2019 - Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi telah mengantarkan umat manusia ke era kompetisi global di berbagai bidang kehidupan . Hal inilah yang menuntut bangsa ini agar segera berbenah diri dan menyusun langkah nyata demi menyongsong masa depan yang lebih baik . langkah utama yang haus dipikirka adalah menyiapkan sumber daya manusia , dalam hal ini peserta didik agar berkarakter kuat , tahan uji serta memiliki keunggulan dibidangnya masing - masing .


Petunjuk Pelaksanaan FL2N SD/MI Tahun 2019
Petunjuk Pelaksanaan FL2N SD/MI Tahun 2019
Upaya tersebut harus ditempuh dengan mewujudkan pendidikan berorientasi pada peserta didik dengan kecakapan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari - hari . Oleh karena itu , pardigma pendidikan berupa peningkatan daya pikir kritis m budi pekerti , kreativitas , pengetahuan dan keterampilan diperlukan dalam setiap lengka pengembangan potensi peserta didik . pengembangan potensi peserta didik ditandai dengan maikn meningkatnya kegiatan apresiasi seni dan tradisi berliterasi , kuatnya siritual , pengendalian diri , kepribadian, kecerdasan dan keterampilan peserta didik.

Unduh Juga :

Perkembangan potensi peserta didik dapat terlihat dari perwujudan pikiran dan kreativitas mereka dalam karya sastra . Pengertian sastra dalam konteks ini adalah tulisan yang memiliki berbagai keunggulan baik isi maupun bentuk ( ekspresi m estetika m dan kreativitas ). Salah satu tujuan pendidikan sastra disekolah adalah untuk meningkatkan kualitas apresiasi dan literasi peserta didik  .

Maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayan Akan Menyelenggarakan Kegiatan Festival dan Lomba Literasi Nasional ( FL2N ) Tingkat Sekolah Dasar Tahun 2019 . Kegiatan FL2N-SD Tahun 2019 Merupakan Sarana Pertemuan dan Pembelajaran antar peserta didik untuk Mengikuti Lomba yang diharapkan dapat memacu peserta didik untuk melakukan olah budi , penalaran , dan Kreativitas sehingga melahirkan generasi kreatif Indonesia yang bahagia .

Tema Festival dan Lomba Literasi Nasional ( FL2N   Tingkat Sekolah Dasar Tahun 2019 adalah :


"SUKA CITA ANAK INDONESIA BELAJAR SEPANJANG HAYAT "


Tujuan Festival dan Lomba Literasi Nasional ( FL2N) Tingkat Sekolah dasar ( SD ) Tahun 2019  Yaitu :

  1. Meningkatkan kreativitas peserta didik dalam bidang sastra ( lisan dan tulis )
  2. Meningkatkan kesadaran peserta didik akan pentingnya menulis sebagai sarana dalam mengungkapkan pikiran dan perasan secara estetis;
  3. Meningkatkan kecintaan peserta didik terhadap bahasa dan sastra Indonesia sebagai sarana untuk membangun karakter , jati diri dan kebanggan Nasional;
  4. Memotivasi Peserta didik untuk meningkatkan budaya membaca dan menulis sejak didni ;
  5. Mendorong peserta didik untuk menghargai dan memperkenalkan kearifan lokal;
  6. Mendorong semangat kebersamaan dalam keberagaman.

Ruang lingkup Festival dan Lomba Literasi Nasional ( FL2N ) Tingkat Sekolah dasar ( SD ) Tahun 2019 terdiri atas 5 bidang lomba yaitu :

1. Lomba Menulis Cerpen
2. Lomba Baca Puisi
3. Lomba Cipta Pantun
4. Lomba Cipta Syair
5. Lomba Mendongeng

Peserta Festival dan Lomba Literasi Nasional ( FL2N ) Tingkat Sekolah dasar (SD) Tahun 2019 :
1. Peserta adalah Warga Negara Indonesia ( WNI )
2. Peserta adalah siswa SD/MI atau sederajat pada tahun pelajaran 2019 / 2020 masih berstatus sebagai peserta didik .

Untuk Mengetahui Selengkapnya Ketentuan Silahkan Unduh PDF Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Festival dan Lomba Literasi Nasional (FL2N) Tingkat Sekolah Dasar Tahun 2019, Pada Link dibawah ini :

Unduh Petunjuk Pelaksanaan FLS2N - SD Tahun 2019 ( Unduh Disini )

Demikian Kami Sampaikan Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Festival dan Lomba Literasi Nasional ( FL2N )  Tingkat Sekolah Dasar Tahun 2019, Semoga Bermanfaat .

Unduh Juga :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel